Senin, 01 April 2013

Perpusda Pacitan - Salah Satu Gudang Intelektual



Kota – Pacitan merupakan sebuah kota yang memiliki segudang keindahan. Keindahan  tersebut dapat berupa pemandangan, panorama, kuliner dan lain sebagainya. Namun ada pemandangan kecil dipojok kota yang menurut saya merupakan keindahan tersendiri dari sekian banyak keindahan.
            Dilihat dari tempat yang seakan tersembunyi jika anda tidak cermat membaca tempat apakah itu, anda pula dapat membayangkan betapa sepinya di dalam ruangan tersebut. Apakah tempat yang saya maksud?? Iya, Perpustakaan Daerah Kota Pacitan. Tempat yang dahulu digunakan sebagai salah satu kantor penting dikota Pacitan kini dialihgunakan sebagai salah satu gudangnya ilmu.
            Kantor yang biasa disebut dengan Perpusda ini berlokasi kurang lebih 500 meter dari perempatan Bapangan ke arah timur menuju pusat kota. Berdiri tepat di seberang jalan depan Bengkel Satria Motor, menjadikan kantor ini seperti tak digunakan lagi. Apalgi jika anda kurang cermat membaca Title kantor tersebut, maka dapat dipastikan anda yang masih awam  akan bingung ketika mencari lokasi Perpusda. Hehe..
            Namun tahukah anda? Antusiasme masyarakat kota sangat tinggi untuk berkunjung ke Perpusda ini. Terlihat dari ramainya pengunjung yang mendatangi Perpusda (Senin, 01 April 2013). Diawal bulan saja hingga tengah hari kunjungan masyarakat ke kantor ini tidak pernah lengang. Ada datang, ada pulang , begitu seterusnya.
            Pengunjung yang mendatangi kantor Perpusda terdiri dari beberapa kalangan. Ada kalangan pelajar, mahasiswa, pendidik, dan lain-lain. Buku tamu yang disediakan dan wajib diisi ketika pertama mengijakkan kaki, menjadi fakta awal betapa tingginya antusiasme masyarakat Pacitan terhadap ilmu pengetahuan.
            Terlihat pengunjung ( Senin, 01 April 2013 ) adalah mereka dari kalangan Mahasiswa, Pelajar SMP, Pelajar SMK/SMA, Pendidik, Pelajar SD, dan anak-anak kecil berpakaian bebas rapi. Sangat membanggakan melihat realita ini. Hal ini merupakan cerminan bahwa pemandangan yang indah di kota Pacitan bukan hanya terletak pada panorama dan kekayaan alamnya. Melainkan juga dari kekayaan intelektual masyarakat kota ini.
            Semoga dengan adanya Perpusda ini, semakin mendorong kita semua untuk lebih mencintai ilmu pengetahuan dan memperkaya jiwa kita dengan IPTEK. Juga Perpusda semakin menambah koleksi buku yang disediakan karena sebenarnya, ilmu pengetahuan di dunia ini tidak ada batas dan tidak terhitung jumlahnya. Semoga saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

:: Beri Kami FeedBack Secara Bijak ::